Rabu, 24 Juni 2015

Media Pembelajaran Matematika Kelas 1 SD

      Berikut ini media-media kramat hasil tangan untuk membantu anak kesulitan belajar kelas.
      Setelah melakukan proses identifikasi dan assesmen terlihat klien punya kesulitan belajar matematika pada memahami konsep jam, nilai tempat dan nilai angka, membedakan besar atau kecil pada bilangan, membilang angka ratusan dan masih banyak lagi. Bagaimana mengatasinya?
1. Jam Tiruan
  
 Seperti jam biasa tapi lumayan full colour untuk menarik minat anak.

2. Puzzle Match Time

 
 
 Ini puzzle terdiri dari gambar jarum jam dan angka digitalnya. Ini bisa buat mengecek apakah anak sudah paham betul dengan konsep jam. Dari cara dia membaca jarum jam sampai mengerti maksud dari 1 jam = 60 menit.

3. Kartu Angka 
 
 
Kartu ini di desain memang sampai angka ratusan. Jadi bisa dipakai untuk memperkenalkan nilai tempat satuan, puluhan dan ratusan. Sekalian bisa dua kartu dibandingkan dan menyuruh anak menebak mana yang lebih besar dan yang lebih kecil.  

4. Tabel Ajaib Nilai Tempat dan Nilai Angka
 
Ini tabel bisa digunakan untuk menanamkan konsep nilai tempat dan angka sampai ratusan. Anak kesulitan belajar bingung saat menemukan angka nol di tengah-tengah pada ratusan, contohnya 101. Harus dibaca bagaimana? Oh, no! Tapi dengan memperkenalkannya ini lho tempatnya satuan, ini puluhan dan yang ini ratusan.

5. Garis Bilangan
  

Ini garis digunakan untuk menolong anak kalau dia belum mengerti ketika ditanya 5 dengan 3, besar  yang mana. Konsep urutan angka ini penting. Anak tidak akan bisa menjawab pertanyaan tentang besar kecil nilai bilangan kalau urutan angka saja tidak paham.

6. Gambar 

Ini digunakan waktu masih anak bingung terhadap soal-soal cerita yang jauh dari bayangan anak gunanya hanya untuk mengkonkretkan.

Itulah sedikit share dari saya.
Semoga hal sedikit ini bisa menginspirasi dan bermanfaat. Sekian Terimakasih ...




Sc : http://cerpenik.blogspot.com/2013/02/yuk-bikin-media-pembelajaran-sendiri.html
 

 

1 komentar:

Unknown mengatakan...

ijin untuk dan repost materi untuk keperluan tugas

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Posting Komentar